Bismillah | Assalamu'alaikum | Quds Aqillah

Rabu, 01 Februari 2012

Apa yang dilakukan dikala sakit

Begitu banyak kenikmatan yang Allah karuniakan kepada kita. Kenikmatan yang tiada terhitung dan tak dapat pula diganti dengan emas permata. Salah satunya adalah nikmat sehat yang banyak kita lalaikan. Akan tetapi, bagaimana jika Allah menghendaki kesehatan itu lenyap dari kita sehingga kita menderita sakit? Apakah yang harus kita lakukan agar sakit yang kita alami dapat berubah menjadi ladang pahala dan penghapus dosa?


Orang yang sedang jatuh sakit berkewajiban untuk rela menerima ketetapan Allah, bersabar menghadapi takdir-Nya, dan berprasangka baik kepada-Nya. Semua itu akan lebih baik baginya.Hal itu sebagaimana pernah disinggung Rasullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya,
عجبا لأمر المؤمن إن أمره كله خير وليس ذاك لأحد إلا للمؤمن إن أصابته سراء شكر فكان خيرا له وإن أصابته ضراء صبر فكان خيرا له

“Sungguh mengagumkan urusan orang Mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik , dan hal itu tidak dimiliki oleh siapapun kecuali orang Mukmin. Jika dia mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, dan demikian itu lebih baik baginya. Jika ditimpa kesusahan, dia akan bersabar, dan demikian itu lebih baik baginya.” (HR. Muslim, al Baihaqi dan Ahmad )

Orang yang sakit harus benar-benar berada dalam keadaan antara rasa takut dan berharap, takut kepada siksa Allah atas dosa-dosanya disertai dengan perasaan mengharapkan rahmat-Nya. Dasarnya adalah hadis Anas radhiyallahu ‘anhu:“Bahwasannya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjenguk seorang pemuda saat menjelang kematiannya. Kemudian beliau bertanya : “Apa yang engkau rasakan?” Dia menjawab: Demi Allah, wahai Rasulullah, sesungguhnya aku benar-benar berharap kepada Allah dan sesungguhnya aku takut akan dosa-dosaku.” Maka Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
لا يجتمعان في قلب عبد في مثل هذا الموطن إلا أعطاه الله ما يرجو وآمنه مما يخاف

“Tidak akan bersatu dalam hati seorang hamba kedua hal tersebut dalam keadaan semacam ini (sakit), melainkan Allah akan merealisasikan harapannya dan memberikan rasa aman dari apa yang dia takuti.” (HR. Turmudzi dan yang lainnya dengan sanad hasan).

Separah apapun penyakit yang diderita seseorang, dia tidak diperbolehkan untuk mengharapkan kematian. Pernyataan ini berdasarkan hadis Ummu al-Fadhl (istri Abbas) radiyallahu ‘anha, bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjenguk mereka, sementara ‘Abbas, paman Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, tengah mengeluh (karena sakit) sampai mengharapkan kematian. Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
يا عباس يا عم رسول الله لا تتمن الموت ان كنت محسنا تزداد إحسانا إلى إحسانك خير لك وان كنت مسيأ فان تؤخر تستعتب خير لك فلا تتمن الموت

“Wahai pamanku, janganlah engkau mengharapkan kematian. Karena sesungguhnya, jika engkau seorang yang baik lalu diberi usia yang panjang, engkau bisa menambah kebaikanmu, dan itu lebih baik. Adapun jika engkau seorang yang banyak berbuat buruk lalu diberi tenggang usia, kemudian engkau berhenti dari perbuatan buruk tersebut dan bertobat, maka yang demikian itu lebih baik. Karena itu janganlah engkau mengharapkan kematian.” (HR. Ahmad)

Dalam riwayat yang lain, yang disebutkan oleh as-Syaikhan (Bukhari dan Muslim), al-Baihaqi (III/377) dan lainnya dari hadis Anas, dengan kalimat senada dengan hadis tersebut secara marfu’, di dalamnya disebutkan :

فَإِنْ كَانَ لا بُدَّ فاعلاً فليقُل : اللَّهُمَّ أَحْيني ما كَانَت الْحياةُ خَيراً لِي وتوفَّني إِذَا كَانَتِ الْوفاَةُ خَيْراً لِي

“Kalau dia terpaksa harus melakukan hal tersebut (mengharapkan kematian), hendaklah dia berdoa: ‘Ya Allah, hidupkanlah aku jika hidup ini lebih baik bagiku dan matikanlah aku jika kematian itu lebih baik bagiku.’” Hadis shahih, sebagaimana telah di-takhrij dalam kitab Irwaa-ul Ghalil (no. 683).

Jika orang yang sakit itu mempunyai beberapa kewajiban yang harus dibayarkan, hendaklah ia segera menunaikan kepada yang berhak, jika memang dia tidak merasa kesulitan untuk melakukannya. Jika tidak demikian, hendaklah dia berwasiat mengenai kewajibannya. Dalilnya adalah sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam:
من كانت له مظلمة لأخيه من عرضه أو شيء فليتحلله منه اليوم قبل أن لا يكون دينار ولا درهم إن كان له عمل صالح أخذ منه بقدر مظلمته وإن لم تكن له حسنات أخذ من سيئات صاحبه فحمل عليه

“Barangsiapa yang pernah mendzlimi saudaranya, baik terhadap kehormatan maupun hartanya, hendaklah dia meminta untuk dihalalkan sekarang, sebelum tiba hari Kiamat , ketika dinar dan dirham tidak lagi diterima. Jika dia memiliki amal shalih, maka amal itu akan diambil sesuai besar kedzalimannya dan diberikan kepada yang berhak. Jika dia tidak memiliki amal shaleh maka dosa-dosa orang yang didzalimi akan diambil dan dibebankan kepadanya.”

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :

مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دَيْنٌ فَلَيْسَ ثَمَّ دِيْنَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ

“Siapa yang meninggal dunia sementara dia masih menaggung hutang maka (sadari) di sana (akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham, melainkan kebaikan dan keburukan.” (HR. Hakim, Abu Dawud, At-Thabarani, dan dishahihkan al-Albani)

Keharusan untuk segera merealisasikan wasiat bagi orang yang sakit. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam :

ما حق امرئ مسلم له شيء يريد أن يوصي فيه يبيت ليلتين إلا ووصيته مكتوبة عنده

“Tidaklah benar bagi seorang Muslim yang masih bertahan hidup dua malam, sementara dia mempunyai sesuatu yang hendak dia wasiatkan, melainkan wasiatnya sudah tertulis dekat kepalanya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallammemerintakan untuk berobat dan berupaya mencari kesembuhan serta tidak berputus asa dari kesembuhan atas suatu penyakit.Dari Jabir bin ‘Abdillah, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasannya beliau bersabda :
لكل داء دواء فإذا أصيب دواء الداء برأ بإذن الله عز و جل

“Setiap penyakit itu pasti ada obatnya. Oleh karena itu, barang sipa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka dengan izin Allah ‘azza wa jalla dia akan sembuh.” (HR. Muslim, Ibn Hiban, dan Hakim)

Dari abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia bercerita bahwa Rasulullah bersabda :

ما أنزل الله داء إلا أنزل له دواء

“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia turunkan obat untuknya.” (HR. Ibn Majah dan dishahihkan al-Albani)

Saudariku hayatilah hadis Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berikut, semoga menjadi penghibur bagi engkau yang sedang sakit.

Dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah radiyallahu’anhuma, bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ مُصِيبَةٍ تُصِيبُ الْمُسْلِمَ إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا عَنْهُ، حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا

“Tidaklah seorang muslim ditertimpa kepayahan, penyakit, keguncangan, kedukaan, maupun kesulitan, bahkan sampai duri yang menusuknya, melainkan dengannya Allah akan menghapukan kesalahan-kesalahannya.” ( Mutatafaq’alaih)

Dari Ibnu Mas’ud radiyallahu ‘anhu, ia berkata, aku pernah masuk ketempat Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, ketika beliau tengah menderita sakit panas, lalu aku bertanya: “Ya Rasulullah, sesungguhnya engkau benar-benar menderita sakit panas yang sangat tinggi.” Beliau menjawab:

“Benar, sesungguhnya aku menderita sakit panas seperti yang dirasakan oleh dua orang ( dilipatkan dua kali) diantara kalian.” Ibnu Mas’ud bertanya lagi: Itu berarti engkau mendapatkan dua pahala ? Beliau menjawab : “Benar, seperti itulah kiranya.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مَرَضٌ فَمَا سِوَاهُ إِلاَّ حَطَّ اللَّهُ لَهُ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Tidaklah seorang muslim tertimpa oleh suatu yang tidak menyenangkan, sakit atau yang lainnya, melainkan Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya. Dan dosanya akan berguguran sebagaimana pohon menggugurkan daunnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ يُرِد اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُصِبْ مِنْهُ

“Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan baginya, maka akan ditimpakan cobaan padanya.” ( HR. Al-Bukhari )

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallamI bersabda:

إن عظم الجزاء مع عظم البلاء وإن الله إذا أحب قوما ابتلاهم فمن رضي فله الرضا ومن سخط فله السخط

“Sesungguhnya besarnya pahala tergtantung pada besarnya cobaan. Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala jika mencintai suatu kaum maka Dia akan memberikan cobaan kepada mereka. Barang siapa yang ridha maka dia akan memperoleh keridhaan-Nya dan barangsiapa yang murka maka dia akan memperoleh kemurkaan-Nya.” (HR. At-Tirmidzi, dia mengatakan; Hadis ini Hasan)

1. Terjemah Hukum Dan Tata Cara Mengurus Jenazah Menurut Al-Qur’an Dan As-Sunnah, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani,Pustaka Imam Asy-SYafi’i ,2005,Bogor.

2. Terjemah Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 1, Syaikh Salim Bin ‘Ied Al-Hilali, Pustaka Imam Syafi’i Maret 2008.

3. Terjemah Bekam Cara Pengobatan Menurut Sunnah Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, DR. Mumahammad Musa Alu Nashr, Pustaka Imam Asy-Syafi’i, September 2005.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Apa yang dilakukan dikala sakit”

Posting Komentar

Download Nasyid Gratis

EDCOUSTIC
1. Menjadi Diriku
2. Muhasabah Cinta
3. Kamisama
4. Berubah
5. Nantikanku Dibatas Waktu
6. Pemuda Palestina
7. Cinta Berkawan
8. Remaja Peduli

Ar-Ruhul Jadid
1. Ar Ruhul Jadid

IZZIS
1. Sang Murabbi
2. Rabithah
3. Panglima Perang
4. Selamat Tinggal Sahabat
5. Tsabat
6. Intifadhah

SUARA PERSAUDARAAN
1. Latar Dunia Islam

RAIHAN
1. Demi Masa
2. Peristiwa Subuh
3. Senyum
4. 25 Rasul
5. Sesungguhnya
6. Ya Rasulullah
7. Syukur
8. Ashabul Kahfi
9. Harapan Ramadhan
10. Thank You Allah
11. Alam Semesta
12. Assalammualaikum
13. Bismillah
14. Bismillah
15. Kehidupan
16. Satu Pagi DiHari Raya
17. Kasih Sayang
18. Mengemis Kasih
19. Ababil
20. Balada Shalawat
21. Rayuan Rindu
22. Tihamah
23. Cinta Hakiki
24. Haji Menuju Allah
25. Damba Cintamu
26. Ching Ai Ching
27. Tanya Ibu dan Ayah
28. Gema Alam
29. Untuk Mu Palestin
30. Carilah Cinta
31. Yang Disembah
32. 10 Malaikat
33. Kita Hamba
34. Wahai Kawan
35. Antara Dua Cinta
36. Keikhlasan
37. Terimalah Aku
38. Matta Massa
39. Keindahan Alam
40. Mari Berhibur
41. Wahai Saudara
42. Nabi Anak Yatim

SAMI YUSUF
1. Hasbi Rabbi
2. Try Not To Cry
3. Ya Rasulullah
4. I Have seen
5. Ya Musthafa
6. Al Mualim
7. My Ummah
8. Ya Thoiba
9. 99 Names Of Allah
10. Bismillah
11. Eid Song
12. Ya Ommi
13. Allahu Allah
14. The Creator
15. The Teacher
16. Allah ho
17. La illa ha illallah


SOLDIERS OF ALLAH
1. 1924
2. Muslim Scholars For Hi
3. Bring Islam Back
4. Polical Manipulation
5. Starting Info Kafirs Eyes
6. Imaginary Walls
7. No Compromise
8. Muslim 4 Life

SAUJANA
1. Sepohon Kayu
2. Suci Sekeping Hati
3. Keluarga Bahagia
4. Sendiri
5. Bulan Bintang
6. Antara Dua Cinta
7. Kla Project
8. Damai Yang Hilang
9. Rahmat Kasihmu
10. Usia Antara Masa
11. Pada Mu Selamanya
12. Jendela Hati
13. Sepohon Kayu
14. Lakaran Minda
15. Jalan Sehala
16. Selamat Hari Lahir

Star Five
1. Cermin Tak Pernah Berdusta
2. Warna-Warna Cinta

BROTHERS
1. A Muslim Country Kid
2. Cinta Allah
3. Doa Perpisahan
4. Epilog Seorang Hamba
5. Hayya Bil Jihad
6. Iman
7. Kedamaian
8. Kembalikan Kegemilangan
9. Kesaksian
10. Lagu Kedamaian
11. Lagu Untuk Ibu
12. Mahligai Kebahagian
13. Mencari Kebahagian
14. Ojo Kelalen
15. Pohon Hijau
16. Satu Perjuangan
17. Selamat Berjuang
18. Sepi Perantau
19. Teman Sejati
20. Teruskan Perjuangan
21. Untukmu Teman
22. Wahai Kekasih
23. Warna-Warna Cinta
24. Sahabat Perjuangan
25.Sahabatku

DIWANI
1. Cahaya Mata 2. Di Hening Malam
3. Hakikat Diri
4. Jalan Yang Satu
5. Yang Abadi

HIJJAZ
1. Berusaha Berjaya
2. Bismillah
3. Cahaya Ilahi
4. Dinul Huda
5. Fatamorgana
6. Kala Subuh
7. Kasih Mesra
8. Malam
9. Mata Hati
10. Meniti Mimpi
11. Munajat Seorang Hamba
12. Pandangan Mata
13. Pelita Hidup
14. Puteriku Sayang 15. Rasul Junjungan
16. Selamat Pengantin Baru
17. Rasulullah
18. Zapin Kesyukuran
19. Kau Sahabat Kau Teman
20. Selimut Putih

IN TEAM
1. Impian Kasih
2. Rabiatul Adawiyyah
3. Selamatkan Dunia
4. Akrab Persahabatan
5. Allah is The Only One
6. Kasih KeKasih
7. Kebesaran Al Quran
8. Siti Khadijah
9. Nur Kasih
10. Sutera Kasih

NADA MURNI
1. Hati Yang Gersang
2. Dari Suatu Hati
3. Dedaun Kasih
4. Haji Akhir Zaman
5. Kasih dan Sayang
6. Kegelapan Malam
7. Kembalilah Kasih
8. Mujahid Dakwah
9. Pengantin Baru
10. Sunnah Berjuang

NAHWAN NUR
1. Anugerah
2. Kerinduan Semalam
3. Ranjau Perjuangan
4. Sajak Syed Qutb
5. Untukmu Mujahidah Sejati

NOWSEEHEART
1. Damai Yang Hilang
2. Holding On You
3. Keindahan Alam
4. Ranjau Berduri
5. Jalan Sehala

PUISI ISLAM
1. Sajak Kelahiran
2. Sepohon Kayu
3. Selimut Putih

QATHRUNNADA
1. Cinta Agung
2. Kasih Sayang Sudah Mati

ROBBANI
1. Mentari Merah di Ufuk Timur
2. Saksi Feat Mawi
3. 7 Hari
4. Adab dan Sopan
5. Anak Sholeh
6. Bidadari
7. Cahaya
8. Cari Pasangan
9. Ingat 5 Sebelum 5
10. Insani
11. Intifada
12. Iqrar
13. Kawan
14. Pergi Tak Kembali

SHOUTUL HAROKAH
1.Pembukaan
2.Harapan Itu Masih Ada
3.Bait Perjuangan
4.Lirih Pembebasan
5.Tekad Perjuangan
6.Palestina Tercinta
7.Cita Pemuda
8.Iftitah
9. Merah Saga

THE FIKR
1.Wanita Shalehah
2.Shalawat
3.Cinta
4.Karunia-Mu
5.Hidayah Ilahi
6. Bibir Merah
7. Cahaya-Mu
8. Cinta di Atas Cinta
9. Jagalah Hati
10. Karena Aku Hambamu
10. Menggapai

JUSTICE VOICE
1. Jangan Mepet-Mepet
2.Ramadhan Kembali
3.ABeGe
4.Our Happy Days
5. Senandung Rindu
6. Rindu Ramadhan
7.Nuansa Pagi
8.Ibunda
9.Mari Bernasyid
10.Problema
11.Al Hamdulillah
12.Rumus Canggih
13.Rasulullah
14.Gembira Lebaran
15.Ramadhan Kembali
16.Futur
17.Senyum Dong Friend
18.Hari Bahagia
19.Pede Aja Lagi
20.Lihat Dunia
21. Sahabat
21. apa yg terjadi

THUFAIL AL GHIFARI
::Album Syair Perang Panjang
::Album Dari Atas Satu Tanah Tempat Kita Berpijak

1. Catatan Terakhir
2. Dari Atas Satu Tanah Kita Berpijak
3. Puritan Homicide Is Dead
4. Thufail dan Mikrofon
5. Surat Untuk Ibu
6. Doa Batu dan Air Mata
7. Berita Hari Ini
8. Democrazy
9. Revolutionary
10. Konspirasi_Magdalena
11. Metamofosis

AL VEOLI
1. Kau Miliknya

FALIQ
1. Aku Pohon Rindang dan Ilalang
2. Hitam Putih
3. Taman Dzikir

FATIH
1. Anyta
2. Cinta
3. Coba Kubuka
4. Dzikir
5. Futur
6. Hidupmu Kan Berarti
7. Ikan Laron dan Semut
8. Mentari
9. Syukur di Masa Muda
10. bersyukur

FIRDAUS
1. Menangislah di Bahuku

GRADASI
1. Epik Sejati
2. Gantole
3. Pematang
4. Persembahan Cinta

HARIS
1. Terpenjara
2. Guruku
3. Keimanan
4. KuBisa

SYAFF-FIX
1. Berperang
2. Dalam Doa
3. Kemarin Sekarang Esok
4. Lupa Usia
5. Manusia
6. Ramadhanku
7. SSTG
8. Pantai Maha Karya
9. Secara
10. Sandiwara Cinta
11. Terpuruk

TASHIRU
1. Sendiri
2. T4
3. Tiada Kata Terucap
4. Maaf Tuk Berpisah
5. Optimis Sajalah

MISSILE
1. Doa
2. For U To Find
3. Hati Tak Secantik Wajah
4. Kasih Sayang
5. Menebar Senyuman
6. Renungan Hamba
7. Usah Cemas dihari Tua

Al Matsurat
1. Matsurat Pagi
2. Matsurat Sore


:: Kumpulan Nasyid Arab
:: Kumpulan Nasyid Syair

LIRIK NASYID
1. Shaff-Fix
2. Sami Yusuf
3. Inteam
4. Hijjaz
5. Bisikan Nurani
6. Di Persimpangan Aku Berdiri
7. Menangislah di Bahuku
8. Keimanan
9. Menjadi Diriku
10. Kuharap Cinta
11. Jalan Sehala
THE ZIKR
1. Mengemis Kasih
2. Kasih Mesra
3. Rasulullah
4. Antara 2 Cinta
5. Kehidupan
6. Perantau
7. Air Mata Keinsafan
8. Disinilah Kita
9. Antara 2 Cinta
10. Istri Solehah
11. Tak Seindah Sentuhan Mata

Follow by Email

quds-aqilah